Wednesday, September 5, 2012

Aku Bertanya dan Hanya Bertanya



Aku bertanya pada diam
Diam menjawab dalam diam
Berjam-jam kami berbincang
Diam-diam kami begadang
 
Gunung bukit dan batu yang diam
Saling menyapa dan bertegur sapa
Gunung bercerita luka-luka di tubuhnya
Bukit menjerit-jerit dikupas bagai kulit
Batu menggerutu dikemplang dipalu

Aku bertanya, bertanya-tanya saja
Kusambangi laut, kusinggahi mega
Ikan, burung, serangga sedang berduka
Aku tak percaya, mereka berkata
Rumah tergusur bukan hanya cerita manusia
Ikan merasa asing dengan laut dan gelombangnya
Burung merasa bingung harus bersarang di mana
Serangga hanya menunggu ajal di laboratorium pestisida

Aku bertanya, siapa bertanggung jawab pada ini semua
Semua tertawa sambil menahan rasa pedih dan luka.

Jakarta, Maret 1997

0 comments:

Post a Comment

Contact